Bagian Rumah Yang Perlu Diwaspadai

By on August 25, 2015

BAGIAN RUMAH

Rumah yang sehat memiliki beberapa kriteria yang perlu diperhatikan seperti ventilasi yang cukup, sanitasi yang baik, kelembaban, kebersihan dan lainnya. Rumah yang sehat sudah tentu menjadi idaman setiap keluarga. Namun tentu saja tidak mudah memiliki rumah yang sehat yang benar-benar bersih dan bebas penyakit. Untuk menciptakan rumah yang bersih serta bebas penyakit perlu kerjasama semua pihak anggota keluarga dari orang tua hingga anak. Harus dilakukan pembersihan secara berkala untuk menjaga kebersihan tiap bagian rumah. Terdapat beberapa bagian rumah yang perlu diperhatikan lebih karena tempat-tempat tersebut sering menjadi sarang penyakit dan luput dari perhatian. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian rumah yang perlu mendapat perhatian lebih.

Bagian Rumah yang Rentan Menjadi Sarang Penyakit

1. Kamar Mandi

Bibit penyakit dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang biak di tempat yang lembab, tak heran jika kamar mandi masuk dalam jajaran teratas bagian rumah yang perlu diwaspadai. Setidaknya ada beberapa bagian di kamar mandi yang perlu diperhatikan, yaitu kran air, kloset, wastafel, lantai dan dinding kamar mandi, bak penampungan air, gayung, dan engsel pintu kamar mandi.

2. Dapur

Dapur salah satu ruang utama di rumah, aktivitas seperti memasak dan mencuci piring tentu perlu diperhatikan mengingat banyak benda-benda yang digunakan. Karena itu segera cuci peralatan setelah memasak, rutin membersihkan kompor dan juga membersihkan lantai dapur agar tetap terlihat bersih.

3. Plafon Rumah

Meski tidak terlihat dari luar, plafon rumah tetap harus diperhatikan. Plafon rumah yang tidak bersih sering menjadi sarang tikus yang membawa penyakit. Karena itu, bersihkan juga secara berkala, agar terhindar dari penyakit.

4. Gudang

Meskipun gudang digunakan untuk tempat penyimpanan, bukan berarti gudang tidak perlu di tata dengan rapih dan selalu dibiarkan kotor. Gudang yang tak terurus juga bisa menjadi tempat yang menyenangkan bagi tikus.

bagian rumah

sumber: yopiepangkey.wordpress.com

5. Ruang Keluarga

Ruang keluarga sebagai tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga berpotensi besar penularan berbagai penyakit. Karena itu saat membersihkannya, tak hanya lantai saja yang perlu disapu dan dipel, perhatikan juga kebersihan barang-barang lain seperti TV, sofa, vas bunga, meja dan lainnya.

6. Tempat sampah

Usahakan jangan menempatkan bak sampah di dalam rumah. Selain sebagai sarang penyakit, bak sampah juga mnyebarkan bau tak sedap. Bersihkan bak sampah secara berkala dan cuci dengan cairan desinfektan agar kuman-kuman penyakit tidak berkembang biak.

7. Kamar Tidur

Bagian rumah favorit ini meski tidak langsung berhadapan langsung dengan udara luar, tapi bukan berarti kamar tidur tidak berpotensi untuk berkembang biak penyakit. Ganti secara berkala sprei, sarung bantul dan guling, selimut, serta bersihkan juga lantai dan barang-barang lain yang ada di kamar.

8. Selokan

Meski berada diluar, selokan juga salah satu bagian rumah yang perlu diperhatikan. Jangan sampai selokan tersumbat karena dapat menimbulkan bau tak sedap serta air yang menggenang dapat menjadi sumber penyakit terutama demam berdarah.