Wisata Atas Awan di Jogja

By on June 29, 2015

wisata atas awan

Mendengar kata Jogja pasti membuat semua orang teringat akan suasana serta wisatanya. Suasananya yang selalu bikin orang kangen dan selalu ingin kembali serta wisatanya yang tak ada habisnya untuk dikagumi. Meski kebanyakan tempat wisata yang ada di Jogja berada di tengah kota, bukan berarti anda tidak bisa menikmati keindahan Jogja dari atas awan. Selain mendapat view jogja yang berbeda, tempat-tempat ini juga terasa lebih segar. Terletak di berbagai sudut Jogja, tempat-tempat ini menyuguhkan pemandangan waduk, pantai, embung, kerlap-kerlip lampu Jogja hingga hamparan hijaunya pepohonan. Berikut ulasan beberapa tempat wisata untuk menikmati keindahan Jogja dari atas awan ( wisata atas awan ).

Daftar Wisata Atas Awan di Jogja :

1. Kawasan Wisata Alam Kalibiru

Wisata atas awan yang pertama adalah Kawasan wisata alam Kalibiru yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kulon Progo yang paling dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan kesegaran udara Jogja. Berada di jajaran perbukitan Menoreh, wisatawan akan disuguhi pemandangan menyejukan dari Waduk Sermo dan desa wisata yang siap memanjakan liburan anda.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang sudah tidak aktif lagi. Dari puncak gunung api ini, anda bisa menikmati pesona sunrise dan sunset yang memikat. Tidak jarang pula yang menghabiskan malam disini untuk melihat gemerlap indah kota Jogja dari ketinggian. Gunung Nglanggeran berbentuk seperti sebuah bongkahan batu raksasa. Anda hanya memerlukan waktu pendakian selama 1,5 jam saja untuk dapat tiba di puncak bagian barat gunung ini. Sedangkan pada puncak bagian timur, Anda dapat mengendarai motor untuk dapat sampai ke atasnya. Sehingga tak salah jika tempat ini dimasukkan daftar wisata atas awan jogja.

3. Bukit Bintang

Bukit Bintang berada di pinggir jalan Jogja-Wonosari, sebelum gapura selamat datang Gunungkidul, Tempatnya yang strategis membuat Bukit Bintang selalu ramai dikunjungi orang, terlebih saat sore hari. Bukan hanya view kota Jogja dengan balutan senja dan kerlap-kerlip lampu jalanan yang memukau, kita juga bisa bersantai sejenak dengan menikmati jagung bakar dan segelas kopi hangat yang membuat suasana semakin romantis.

wisata atas awan

sumber : jogjis.blogspot.com

4. Candi ijo

Wisata atas awan selanjutnya adalah Candi Ijo. Inilah candi tertinggi di Jogja. Terletak di lereng sebuah bukit dengan ketinggian rata-rata 375 mdpl, selain terkenal sebagai tempat untuk berburu sunset, kita juga bisa melihat lanskap kota Jogja dari atas dan runway Bandara Internasional Adisutjipto dengan jelas.

5. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo terletak di puncak tertinggi di pegunungan menoreh. Berada di puncak tertinggi dengan pemandangan menakjubkan dan udara yang sangat segar, kita bisa melihat 4 puncak gunung sekaligus yaitu Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing yang berdiri gagah. Dari sini, kita juga akan disuguhi pemandangan menakjubkan berupa panorama Candi Borobudur seperti sebuah miniatur yang menyembul di antara rimbunnya pepohonan dan kabut pagi.

6. Bukit Parang Endog / Bukit Paralayang

Bukit ini berada di ujung timur Pantai Parangtritis, disini anda dijamin tidak akan kecewa dengan pemandangannya yang luar biasa. Dari atas sini, kita bisa melihat garis Pantai Parangtritis yang berkelok-kelok panjang. Kita juga bisa menyaksikan atraksi paralayang atau bahkan kita juga bisa mencobanya.

7. Kebun Buah Mangunan

Wisata atas awan yang terakhir adalah Kebun Buah Mangunan, tempat ini menawarkan pemandangan menawan yang bisa dinikmati dari puncaknya, mulai dari lekukan Sungai Oya yang terihat seperti ular raksasa hingga pegunungan di sekitarnya. Keindahan pegunungan karst yang memanjang di sisi selatan dengan sebuah jembatan gantung yang menghubungkan kedua perbukitan di bawahnya menakjubkan.