Wisata Danau Limboto, Danau Indah Asri di Gorontalo

By on August 13, 2013

Di Kabupaten Gorontalo ada objek wisata menarik yakni Danau Limboto, danau seluas 3000 hektar yang letaknya di kabupaten Gorontalo. Danau yang menjadi muara bagi lima sungai besar Gorontalo ini memiliki kedalaman sekitar 8 meter, dulu sekitar tahun 1950-an kabarnya kedalaman danau ini mencapai 27 meter bahkan. Danau Limboto punya pemandangan yang indah, karakter danau memiliki permukaan berlumpur, di bagian tengah dan pinggir danau ditumbuhi banyak flora air tawar seperti bunga teratai, eceng gondok dan juga gelagah. Berkunjung ke objek wisata alam yang satu ini lebih bagus bila pagi-pagi sekali atau sore hari menjelang matahari tenggelam, panorama yang akan anda saksikan tentunya akan membuat anda takjub, airnya yang hijau tenang dilengkapi aneka tumbuhan hijau yang eksotis, udaranya segar, dan lingkungan relatif asri ini menjadi daya tarik objek wisata yang satu ini.

95_full

Saat liburan kemari, cobalah untuk memancing ikan yang hidup di area danau, atau berfoto sambil menyusuri danau hingga ke bagian tengah dengan menggunakan perahu nelayan setempat yang banyak terdapat di lokasi perairan Danau Limboto. Tak jarang ikan hasil tangkapan nelayan dijual ke pengunjung.

Serunyam untuk memasuki wilayah wisata alam ini anda tidak dikenakan biaya, anda hanya butuh menyiapkan dana untuk membayar fasilitas sewa perahu untuk menikmati suasana dari bagian tengah danau. Akses menuju Danau Limboto juga terbilang tidak sulit, letaknya yang dekat dengan kota Gorontalo otomatis membuatnya dekat dengan Bandara Jalaluddin, dari Bandara ke lokasi danau jarak tempuh sekitar 16 km, transportasi umum seperti rental mobil / taksi pun banyak tersedia di wilayah ini yang siap mengantar anda sampai danau. Penginapan juga banyak tersedia tidak jauh dari lokasi objek wisata,

DSC00522

sehingga anda tidak perlu kuatir bila ingin berlama-lama menikmati keindahan Danau Limboto bersama keluarga besar anda karena jarak penginapan yang mudah dan cepat dijangkau. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: mdanib.blogspot.com; indonesia-toursm.com; wikimapia.org)