Wisata Gua Selarong, Menapaki Perjuangan Pangeran Diponegoro

By on July 24, 2013

Gua Selarong merupakan obyek wisata yang memiliki muatan sejarah nan kental. Kawasan ini menjadi saksi bisu bagaimana Pangeran Diponegoro pahlawan tanah air melakukan akisnya demi mempertahankan ibu pertiwi dari keserakahan penjajah di masa lalu. Letaknya di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, obyek wisata ini masuk ke dalam administrasi Kabupaten Bantul, Provinsi DI Yogyakarta, jaraknya sekitar 50 menit sampai 1 jam kalau anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta. Gua Selarong dahulu kala difungsikan sebagai markas dalam aksi gerilya Pangeran Diponegoro beserta pasukannya saat berlangsungnya Perang Jawa.

66462046

Sekarang kawasan ini telah beralih fungsi menjadi teman rekreasi yang dilengkapi dengan bumi perkemahan. Memasuki gerbang masuk, anda akan disambut patung Pangeran Diponegoro yang sedang menunggang kudanya.

Obyek wisata ini dikelilingi tumbuhan yang lumayan lebat meski cuacanya terkadang masih terasa panas karena iklim daerah yang memang panas serta udaranya kering mungkin karena berada di perbukitan kapur.

Setelah anda melihat-lihat area gua, anda bisa menaikki anak tangga yang berjumlah ratusan untuk melihat pemandangan di sekitar kawasan Gua Selarong lebih luas dibagian atas juga terdapat gua-gua kecil yang salah satunya konon menjadi tempat beristirahat Raden Ayu Ratnaningsih, istri Pangeran Diponegoro.

_kotajogja_00122012013124546

Tersedia juga gazebo-gazebo yang bisa anda gunakan sebagai tempat beristirahat sementara, dari atas sini anda juga bisa melihat air terjun yang juga berada dalam satu wilayah obyek wisata ini, jangan lupa untuk memotret setiap sudut untuk dijadikan kenang-kenangan. Tiket masuk Gua Selarong terbilang relatif terjangkau, masih dibawah Rp.10.000,-. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: panoramio.com; kotajogja.com; muhammad-muhaimin-m.blog.ugm.ac.id)