Hutan Mangrove, Wisata Alam di Jakarta

By on June 29, 2015

hutan mangrove

Akhir pekan, waktu yang sudah pasti dinanti-nantikan oleh para pekerja maupun pelajar untuk merefresh otak bersama keluarga teman maupun pasangan. Waktu yang tak cukup lama tersebut sebisa mungkin dimanfaatkan untuk mengunjungi tempat yang sejuk serta jauh dari keramaian untuk mengurangi kepenatan. Bagi warga ibu kota tak mesti ke luar kota, karena ada referensi tempat untuk menghabiskan weekend. Sebuah tempat wisata di utara Jakarta, Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Mangrove, Angke Kapuk. Tempat hijau yang tidak terlalu jauh serta cocok untuk warga Jakarta yang telah 5 hari sebelumnya dipenatkan dengan rutinitas hariannya. Namun satu hal yang harus diingat pula saat datang ke tempat wisata, sudah sewajibnya bagi kita semua untuk menjaga kebersihan tempat yang kita datangi.

Tentang Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Mangrove, Angke Kapuk

Kawasan seluas 99,82 hektare ini merupakan kawasan konservasi hutan mangrove yang dikelola sebuah perusahaan swasta. Selain dihiasi hijaunya rimbunan hutan mangrove, kawasan ini juga menjadi tempat tinggal bagi beragam satwa mulai dari burung hingga biawak air. Tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata Angke Kapuk juga bisa dijadikan sebagai sarana wisata edukasi mengenai mangrove. Meski informasi-informasi yang tersedia untuk pengunjung terbilang masih sangat minim.

Retribusi dan Fasilitas

hutan mangrove

sumber : jayanjayan.com

Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 25.000 untuk masuk ke Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Mangrove, Angke Kapuk ini. Tersedia akses jalan setapak untuk berkeliling kawasan ini. Selain berkeliling lewat jalan papan setapak, pengunjung bisa juga mengitari sungai hutan mangrove seluas 30 hektare menggunakan kapal yang disewakan pihak pengelola.

Berbagai armada siap disewakan disini, mulai dari perahu dayung, kano atau kayak, dan juga perahu bermotor. Harga sewanya pun beragam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000. Bagi yang tertarik untuk menginap, disini juga disediakan beberapa pondokan untuk tinggal.

Jangan lupa untuk singgah sebentar di gardu pandang yang ada di lokasi ini. Menara setinggi lebih dari 5 meter ini tak hanya menawarkan pemandangan apik Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk saja, namun pengunjung juga bisa melihat kawasan Pantai Indah Kapuk lainnya.

Lokasinya yang jarang ditemukan di Jakarta menjadikan tempat ini juga sering dijadikan untuk foto pre wedding. Pengunjung kawasan ini datang dari beragam kalangan usia. Menurut dia, untuk akhir pekan lebih banyak dikunjungi oleh rombongan keluarga. Sementara untuk hari kerja biasa dikunjungi oleh rombongan sekolah serta pasangan muda-mudi.