Curug Cipendok, Air Terjun di Kaki Gunung Slamet

By on March 14, 2014 - Dibaca : 739 kali

curug

Beberapa hari terakhir ini Gunung Slamet memang banyak dibicarakan orang karena peningkatan aktivitas vulkaniknya. Hingga hari ini, Gunung Slamet masih berada di status waspada. Tapi tahukah anda, di bawah kaki Gunung Slamet ternyata menyimpan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Kalau biasanya kita tahunya wisata Baturaden saja yang ada di kaki Gunung Slamet, ternyata ada juga air terjun Cipendok, atau yang biasanya lebih dikenal dengan nama Curug Cipendok.

Air terjun dengan tinggi sekitar 92 meter ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Lingkungan dan alamnya yang masih sangat asri membuat suasana di sekitar air terjun sangat pas untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Selain panorama air terjunnya yang begitu megah dan mempesona, sepanjang jalan menuju lokasi ini juga memberikan pengalaman yang menyenangkan karena melewati hutan dan perkebunan. Sehingga meskipun harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan kaki, kita tidak akan terlalu lelah.

Untuk fasilitas pendukung di lokasi air terjun sudah lumayan bagus. Tersedia tempat parkir, tempat istirahat, arena bermain anak-anak seperti ayunan dan kamar mandi. Di lokasi curug ini terdapat menara pandang yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan kota Purwokerto apabila cuaca sedang cerah. Juga sepanjang jalan menuju lokasi, banyak warung yang menjajakan mendoan, susu murni dan makanan kecil.

Di sekitar lokasi air terjun juga terdapat fasilitas menarik lainnya seperti cottage, bumi perkemahan, sarana outbound, jogging track, dan jungle track. Selain Curug Cipendok, pengunjung bisa mampir di Telaga Pucung yang letaknya tidak jauh dari bumi perkemahan.

Untuk menuju lokasi air terjun tidak terlalu sulit. Dari kota Purwokerto bisa melewati Jalan Jend. Sudirman ke arah alun-alun. Kemudian lurus menuju ke jalan raya Losari, jaraknya sekitar 7 km dari Purwokerto. Selanjutnya akan ditemui petunjuk jalan masuk ke curug yang keberadaannya di sebelah kiri jalan raya. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: backpackinmagazine.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>