Wisata Sejarah Benteng Toloko, Ternate

By on September 11, 2013

Benteng Toloko merupakan bangunan peninggalan sejarah yang masih bisa dinikmati oleh masyarakat masa kini. Letak objek wisata yang satu ini ada di daerah Toloko Kelurahan Sangaji, Ternate Utara, dari pusat kota anda butuh waktu sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Selain itu masyarakat juga memberi julukan pada benteng ini seperti Benteng Santa Lucas / Benteng Holland. Dahulu kala benteng ini dibangun pada tahun 1512 beberapa saat setelah berdiri Kesultanan Ternate oleh seseorang bernama Fransisco Serao. Lalu tahun 1606, bangunan benteng ini dibangun kembali oleh Schot kemudian direnovasi dan disempurnakan oleh Pieter Both, seorang pria kebangsaan Belanda, seorang dimiliki Belanda, sebelumnya benteng ini berada di bawah kepemilikan bangsa Portugis. Banyak yang menganggap arsitekur benteng ini aneh (dilihat dari segi bentuk) jika dipandang mata, tapi justru keanehannya inilah yang menjadi ciri khas dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bentuknya yang unik di jaman sekarang ini membuat benteng ini kerap dijadikan spot untuk berfoto.

13036518091828548883

Bahan bangunan benteng ini dominan menggunakan dua bastiong dan batu karang yang terbukti kokoh, posisinya berada di atas ketinggian tanah / diatas area perbukitan. Melihat dari posisinya tersebut dapat dinilai bahwa dulu benteng ini berfungsi sebagai tempat pengintaian selain sebagai benteng pertahanan  Bangsa Portugis. Jika anda berada di titik utama benteng, anda dapat melihat langsung Pulau Halmahera, jika anda menghadap bagian utara Pelabuhan Dufa-dufa akan anda temui. Seperti kebanyakan bangunan benteng pada jaman dulu, meski ukurannya terbilang tidak terlalu besar, Benteng Toloko juga dilengkapi dengan terowongan yang merupakan jalan tembus yang terhubung hingga pantai di dekatnya. Benteng Toloko kini sebagai objek wisata cocok dijadikan objek foto bagi anda pecinta fotografi khususnya, anda akan mendapatkan momen foto istimewa disini,

benteng-toluko3

selain itu benteng ini juga seru bila dijadikan spot pemotretan baik itu pemotretan pre wedding maupun fashion spread misalnya, kawasan benteng ditata semenarik mungkin, lahan bagian depan benteng disulap menjadi sebuah taman yang indah dan asri, sehingga membuat bangunan lama ini tidak terkesan mengerikan.     (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: diskusidrum.blogspot.com / flickr.com / wisata.kompasiana.com)