Wisata Seru Arung Jeram Sungai Elo, Magelang, Jawa Tengah

By on January 10, 2014

Akhir-akhir ini masyarakat mulai melirik untuk menghabiskan liburan yang berbeda dari biasanya. Wisata-wisata dengan konsep menjelajah alam mulai banyak diminati oleh para wisatawan. Jika wisata penjelajahan alam di daratan  banyak ditawarkan seperti trekking, cave tubing, dan climbing, wisata air yang bisa dipilih mulai dari rafting, snorkeling, diving, fishing, kayaking dan lainnya.

Bagi beberapa orang aktifitas liburan seperti snorkeling dan diving sudah biasa dilakukan, selain itu jika melakukan 2 hal tersebut juga harus memiliki ketrampilan khusus. Bagaimana dengan rafting atau arung jeram? Ini bisa menjadi alternatif yang pas bagi anda yang hobi dengan penjelajahan alam dan memacu adrenalin, sekaligus menjadi pengalaman yang baru bagi anda.

Terlebih arung jeram tidak perlu memerlukan skill khusus yang harus dilatih dalam waktu yang tidak sebentar. Sebelum rafting anda akan diberi arahan terlebih dahulu sekitar setengah jam, lalu anda bisa menikmati liburan seru anda dengan aman dan nyaman, tentu saja anda juga akan didampingi oleh seorang trainer.

Salah satu central wisata arung jeram yang paling dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan adalah kawasan rafting di Magelang. Dengan alamnya yang masih asri, Magelang tak hanya terkenal dengan wisata Candi Borobudurnya, tapi juga wisata pemacu adrenalin.

Untuk wisata arung jeramnya, sungai yang biasa digunakan untuk rafting adalah sungai Progo dan Sungai Elo Magelang yang merupakan anak sungai dari Sungai Progo yang cocok untuk pemula.

Wisata arung jeram sangat cocok bagi untuk melepas penat dari kesibukan pekerjaan sehari-hari. Kebanyakan para wisatawan yang datang adalah para pekerja, mahasiswa, atau perusahaan yang mengadakan kegiatan outbond untuk para pegawainya. Untuk mendapatkan satu paket arung jeram sekaligus dengan trainer dan paket makan siang, wisatawan dikenai biaya mulai dari Rp. 600.000,- s/d Rp. 750.000,-. (Hikari/ensiklopediaindonesia.com) (foto: magelang.olx.co.id)