Wisata Taman Narmada, Sumber Airnya Bikin Dipercaya Membuat Awet Muda

By on September 19, 2013

Kunjungi objek wisata yang lain daripada yang lain, bukan hanya jajaran pantai-pantainya yang mempesona, Lombok punya Taman Narmada yang letakya di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Kalau dari Kota Mataram jaraknya sekitar 10 km kesebelah timur. Taman yang tertata rapi ini dinamai Narmada diambil dari Narmadanadi, nama dari anak sungai Gangga, sungai yang dianggap suci di India, pemilihan nama tidak lepas dari pengaruh agama Hindu yang dianut raja dan rakyatnya di masa itu. Menempati lahan seluas 2 hektar, taman ini konon kabarnya dibangun tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok kala itu Anak Agung Ngurah Karang Asem, dulu taman ini difungsikan sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap bulan purnama kelima di tiap tahunnya, selain itu taman ini dipakai sebagai tempat peristirahatan keluarga raja. Taman Narmada dilindungi pemerintah daerah setempat sebagai komplek bangunan cagar alam. Taman Narmada yang bisa kita nikmati kini merupakan hasil pembangunan dengan serangkaian perbaikan serta pemugaran yang berlangsung kontinyu, seperti halnya bangunan candi di beberapa wilayah di Indonesia,

Taman-Narmada

Taman Narmada dianggap sebagai inventarisasi peninggalan sejarah dan purbakala, tak heran jika keberadaannya dilindungi undang-undang.

Kompleks atau kawasan keseluruhan Taman Narmada ini terbagi menjadi beberapa bagian, yang utama  ada gapura gelang, telaga kembar, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, gerbang utama, dan lain-lain. Setelah melewati gerbang utama anda akan tiba di jabalkap yang mna ada telaga kembar di area itu, kemudian anda akan melihat gapura gelang yang menjadi penghubung jabalkap dengan mukedes. Di are amukedes terdapat beberapa buah bangunan antara lain Sanggah Pura, Balai Loji dan Balai Pamerajan. Di sebelah tenggara ada gapura lagi namun yang ini menghubunglan ke area pasarean dimana terdapat Balai Terang yang dipakai sebagai tempat tidur atau kamar peristirahatan raja, bangunannya sendiri terbuat dari kayu dan berbentuk rumah panggung. Banyak terdapat bangunan pura di area Taman Narmada ini, bentuknya berupa punden berundak, bagian paling suci berada di bagian tengah, namun begitu pura disini terbilang pura umum yang bisa dikunjungi semua umat Hindu dan termasuk bagian delapan pura tua di Lombok. Desain Taman Narmada dibuat selayaknya replika Gunung Rinjani, Gunung tertinggi yang ada di Pulau Lombok, kolamnya diibaratkan danau segara anak. Beberapa bangunan yang terdapat di taman ini punya fungsi yang berbeda-beda. Tanaman yang ditata apik membuat suasana taman teampak sejuk dan segar dipandang mata. Berekreasi disini tidak hanya membuat pengunjung lebih memahami adat dan kebudayaan setempat tetapi juga melepas penat dengan melihat nuansa serba hijau lanskap tamannya. Yang menariknya lagi disini ada sebuah bangunan bernama Balai Petirtaan yang ada sumber air berasal dari Gunung Rinjani, sumber air itu dipercaya dapat membuat awet muda bagi siapa yang meminum atau membasuh mukanya dari air tersebut.

taman-narmada (1)

Pengunjung biasanya disarankan untuk membasuh muka sebanyak tiga kali, mulai dari dagu ke kening, sambil membasuh wajah baiknya sambil berdoa di dalam hati. (Arisca Meir/inloveindonesia.com) (Foto: lombok.panduanwisata.com; comeonvacation.blogspot.com; lomboktravelling.wordpress.com)