Nasi Pecel Madiun, Ikon Kuliner Madiun

By on September 19, 2015

nasi pecel madiun

Kalau anda naik kereta ke arah Jawa Timur dan melewati Stasiun Madiun, pasti anda akan banyak menemukan para penjaja nasi pecel, apalagi kalau kereta anda singgah di Stasiun Madiun pada pagi hari atau saat jam-jam sarapan. Tak heran, karena Madiun memang sangat terkenal dengan nasi pecelnya, bahkan sampai terkenalnya sampai menjadi ikon kota Madiun. Nasi pecel, kuliner khas Indonesia yang satu ini memang banyak ditemui hampir di semua daerah di Indonesia, apalagi di Jawa. Tapi dari semua jenis nasi pecel itu, nasi pecel yang paling terkenal dengan kekhasan daerahnya adalah nasi pecel Madiun. Madiun sendiri merupakan salah satu kota yang termasuk dalam provinsi Jawa Timur, berjarak kurang lebih 160 km sebelah barat kota Surabaya.

Nasi Pecel Madiun

Sepintas Nasi pecel Madiun tak ada yang berbeda dari nasi pecel lainnya. Nasi putih yang dilengkapi dengan sayuran rebus dan disiram bumbu pecel, biasanya dimakan dengan kerupuk. Sayuran yang biasanya dipakai umunya seperti bayam, toge, daun kenikir dan toge. Tapi kalau kita lihat lebih dekat lagi, ternyata sayuran yang dipakai di nasi pecel madiun ini lebih lengkap dari pecel biasa. Anda bisa menemukan mulai dari kacang panjang, bunga turi, petai cina, kemangi, kecambah, kenikir, krai (sejenis timun), bayam, daun ketela, dan daun pepaya. Anda juga bisa memilih sendiri sayuran anda sendiri sesuai selera.
Satu hal lagi yang membuat nasi pecel madiun berbeda dari nasi pecel lainnya yaitu penggunaan rempeyek sebagai snack pelengkapnya. Kalau anda melihat penjual pecel yang menaruh rempeyek di atas pecelnya, bisa dipastikan itu pasti nasi pecel madiun, karena memang itulah kekhasannya. Rempeyek yang digunakan bisa rempeyek kacang tanah, rempeyek kacang kedelai, atau rempeyek teri, tergantung selera anda.

pecel madiun

sumber: itoday.co.id

Tempat Makan Nasi Pecel Madiun

Kalau anda berkunjung ke Madiun, anda akan menemukan banyak penjaja nasi pecel ini, mulai dari kaki lima sampai restauran-restauran di Madiun, pasti menyelipkan nasi pecel sebagai salah satu menu andalan mereka. Tapi ada satu tempat makan yang sangat terkenal dengan nasi pecelnya, yaitu nasi pecel Bu Gembrot. Warung pecel yang berada di kawasan Pasar Sri Jaya Kecamatan Kartoharjo ini buka mulai dari jam 6 pagi – 10 malam. Meskipun yang datang kesini kebanyakan adalah kalangan menengah ke atas, tapi harga yang ditawarkan cukup murah, hanya Rp. 5000,-. Anda bisa menikmati nasi pecel madiun dengan lauk tambahan seperti empal, tahu, tempe, dan telur asin.