Galau dan Depresi ? Tips Asik Bangkit

By on July 16, 2015

galau dan depresi

Masalah merupakan hal yang sudah pasti datang dalam kehidupan yang tentu saja memberikan efek bagi orang yang diterpanya, termasuk efek galau dan depresi. Siapapun pasti pernah merasa galau dan depresi. Entah itu hanya karena masalah sepele seperti teringat sang mantan, atau sampai masalah pekerjaan yang sering membuat kita uring-uringan. Manusia itu memang wajar jika memiliki masalah yang membuatnya sampai galau dan depresi, tapi jangan membuat kewajaran itu menjadi alasan untuk berlarut-larut ya. Pernah dengar ungkapan pelangi sehabis hujan? begitu pula dalam kehidupan, akan selalu ada hikmah atau kebaikan yang akan datang ketika masalah usai. Jadi tak ada gunanya ketika kita memilih terus larut dalam kegalauan dan depresi karena masalah. Ini dia tips-tips yang wajib kamu baca supaya kamu cepat bangkit dari kegalauan dan rasa depresimu.

Tips Asik Bangkit dari Galau dan Depresi :

1. Cari angin segar

Mungkin kamu lelah? Bisa jadi, kamu yang biasanya bisa mengatasi segala problematika hidupmu, tiba-tiba galau Cuma gara-gara masalah mantan? Mungkin kamu sedang lelah terlalu banyak beban pikiran, atau kamu memang sedang tidak fit sehingga mempengaruhi kondisi psikologismu. Nah, saatnya kamu mencari angin segar untuk merefresh pikiranmu. Sesekali keluar dari rutinitas harianmu dan menikmati hari liburmu bisa jadi pilihan yang bagus untuk kembali ke dirimu yang ceria.

2. Curhat

Saat kamu merasa galau dan depresi, jangan sungkan ceritakan itu pada sahabat atau keluargamu. Mereka ada untuk menemanimu dikala sedih maupun senang. Merekalah yang akan memberi dukungan dan semangat untukmu. Jangan malu untuk bercerita apapun kepada mereka, tumpahkan semua perasaanmu, jangan malu untuk menangis sampai semua bebanmu benar-benar hilang.

3. Olahraga

olahraga tak hanya membuat badanmu sehat saja, pikiran dan hatimu juga akan ikut fresh setelah berolahraga lho. Kamu bisa meluapkan kekecewaanmu atau rasa galaumu dengan berolahraga. Kalau kamu benar-benar kesal dengan keadaan, olahraga seperti boxing juga sepertinya asyik sebagai pelampiasan. Namun tetap tidak boleh berlebihan ya. Jangan sampai kamu drop gara-gara terlalu over olahraga.

galau dan depresi

sumber : health.kompas.com

4. Lakukan sesuatu yang kamu sukai

Setiap orang pasti memiliki sesuatu yang disukainya, termasuk kamu. Saat kamu sedang galau, melakukan hobimu bisa jadi obat mujarab lho. Misalnya saja kamu suka shopping, daripada menghabiskan energimu untuk menangisi sesuatu, lebih baik puaskan dirimu dengan keliling pusat perbelanjaan. Dijamin, setelah lelah berbelanja, kamu tidak akan punya waktu untuk bergalau dan akan cepat terlelap tidur.

5. Makan

Tips satu ini bukan hal yang asing lagi kan. Banyak para gadis muda yang melampiaskan rasa galau dan depresi dengan makan. Tak heran banyak yang mengeluh berat badannya naik jika sedang stress gara-gara kuliah ataupun pekerjaan. Jika makan bisa membuatmu lebih baik. Kamu boleh melakukannya. Asal kamu tau konsekwensinya dan tau bagaimana mengatasinya.

6. Kilas balik kehidupanmu

Semua yang terjadi dalam diri kita memiliki pelajaran yang bisa diambil. Begitu pula dengan hal buruk yang terjadi. Boleh merasa kecewa ataupun sedih, tapi cobalah melihat lebih dalam lagi. Segala sesuatu itu memiliki pembelajaran untuk hidup.lihat yang terjadi, ambil hikmahnya, jadikan hidupmu lebih baik dari sebelumnya.