Mie Celor,Mie Kuah Santan Gurih Palembang

By on October 20, 2015

mie celor

Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan ini tak hanya identik dengan Pempek  saja. Banyak kuliner khas Palembang yang harus dicicipi saat datang ke kota yang terkenal dengan sungai musinya ini. Selain pempek, Palembang juga menawarkan mie celor yang juga sangat sayang untuk dilewatkan lho. Kenampakan Mie celor sepintas mirip sekali dengan mie rebus telur atau bakmi jawa kuah. Salah satu keunikan mie ini adalah ukuran mienya sangat berbeda dengan lainnya. Mienya cukup besar seperti mie aceh atau mie udon khas Jepang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menambah kenikmatan kuah kental mie ini serta tersedia pula beberapa spot rumah makan di Palembang yang siap menggoyang lidah pecinta kuliner, berikut penjelasannya.

Kelezatan Mie Celor

Rasanya gurih, kuahnya yang kental terbuat dari perpaduan santan, telur, dan udang. Dalam seporsi mie celor, kita bisa mendapati mie dengan kuah kentalnya, telur rebus, irisan seledri, daun bawang, dan taburan bawang goreng. Kuah kental mie tersebut merupakan rahasia kelezatan mie ini. kuah kental tersebut menggunakan udang sebagai bahan utama yang dilembutkan sehingga menghasilkan kuah yang lebut, gurih, kental serta berwarna agak kemerahan.

mie celor

sumber: en.wikipedia.org

Tempat Makan Mie Celor

Saat berkunjung ke Palembang, bagi para pemburu kuliner legenda, kelezatan Mie Celor 26 Ilir dapat anda nikmati dengan mendatangi warung yang terletak di kawasan pasar tradisional 26 Ilir Palembang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pasar Soak Bato. Letak warung ini memang sangat strategis. Bukan hanya terletak di pinggir jalan, melainkan posisi warung yang berada di sekitar simpang empat Jalan KH Ahmad Dahlan yang tak jauh dari pasar tradisional yang begitu dikenal wong Palembang tersebut. Agar tidak antri banyak, hindari datang saat weekend atau hari-hari libur, hindari pula saat jam makan siang. Seporsi Mie celor biasanya hanya dibanderol harga mulai dari Rp.15.000. Harga yang cukup terjangkau dan tidak memberatkan kantong pecinta kuliner, sebanding dengan kelezatan yang akan didapatkan.

Bagi pecinta ikan, Mie celor enak pula dimakan dengan krupuk ikan sebagai pelengkap dan akan lebih lengkap lagi jika ditambah dengan sambal. Bagi anda penyuka pedas sangat dianjurkan untuk mencobanya. Jadi jangan melulu pempek saja yang diburu, Mie celor juga harus dimasukan dalam list kuliner yang harus dicoba saat anda berkunjung ke Palembang.